Melepaskan


Melepaskan.

“Ketika kamu melepaskan, kamu menciptakan ruang untuk sesuatu yang lebih baik.”

Kali ini saya pengen ngebahas melepaskan bukan tentang melepaskan seseorang yang dekat dengan kita lalu merelakan dan kehilangan. Ya, masih sama sama melepaskan. Tapi lebih ke “keadaan” yang membuat kita stuck. Terperangkap dalam emosi negatif yang dibawa sseorang yang memaksa kita menjadi terpenjara dalam emosi negatif itu sendiri. mbulet?

baiklah. kita coba uraikan ya.

Kita pasti pernah kan ketemu seseorang atau mungkin banyak orang yang ketika kita bersinggungan dengan mereka entah dalam sebuah percakapan atau dalam sebuah hubungan misalnya pertemanan, orang tersebut menyinggung kita dengan entah perkataan atau perbuatannya. intinya, kita sakit hati dengan ucapan mereka atau sikap mereka ke kita. Saya pernah di posisi itu? SERING BANGET.

Rasanya? Ya sakit hati, marah, kecewa, kesel, sedih bahkan tak jarang pengen garuk garuk tembok atau nyakar yang bersangkutan. Apa itu saya lakuin? Ya nggaklah. Kebanyakan saya cuma bisa mendem. Serius deh. Saya tipe orang yang jarang agresif dan frontal. Maki maki orang juga hampir ngga pernah. *Maki maki dalam hati mah sering. Eeeh…

Cuma ekspresi wajah saya ngga bisa diboongin. Kalau saya kesel sama seseorang, daripada saya maksain ketemu orang itu, biasanya saya menghindar. Jaga jarak. Sebisa mungkin ngga ngelihat wajah orang itu. Daripada empet kan ya?

Soalnya, kalau saya paksain, itu emosi negatif pasti akan menguar *dih bahasanya* di udara. Saya bete tingkat tinggi dan emosi jiwa meningkat. Bikin saya naik pitam. Dan bisa bisa saya ntar pedes ngomongnya *kalah dah boncabe level30.

Ngga sampe nyakar sih, cuma percayalah. Omongan saya mungkin akan lebih nyakitin hati yang pastinya akan saya sesali di kemudian hari. Itu sebabnya saya cuma dan -seringnya- menahan diri. Nahaaaan diri jangan sampai saat saya lagi bete dan dalam emosi yang ngga stabil tadi ngga bikin orang juga mengalami hal yang sama. Istilahnya, saya menolak mendzolimi orang. Biarlah kalau dia yang mendzolimi saya asal saya ngga. Eaaa

Paling seringnya kalau disakitin orang, saya cuma bisa nahan, diem, nangis atau curhat di blog sambil nulis kaya gini. Bikin cerita yang diganti nama tokohnya, misalnya.. *lah, kan jadi ketahuan atuh ih.. :mrgreen:

Hahaha

Balik lagi ke emosi negatif.

“Kadang-kadang menahan lebih banyak merusak daripada melepaskan.” (nemu quote di sini)

Nah, karena saya nahan diri tadi, itu emosi negatif ngga tersalurkan kan ya? Masih bete dong. biasanya saya tinggal tidur sih. Dan alhamdulillahnya, Allah memberi saya kelebihan atau mungkin sebenarnya kelemahan ya?! Saya suka lupa. Itu orang nyakitin saya segitunya, kenapa ya? Tah!

Inget sih dia nyakitin. Tapi saya lupa sakitnya karena apa. Atau mungkin itu karena saya memilih melupakan dan melepaskan, kali ya? Dulu dulu mah saya pernah berada dalam posisi keukeuh mempertahankan rasa sakit hati itu. Sampai berhari-hari, berminggu minggu bahkan mungkin berbulan bulan. Kalau diucapkan mungkin hati bilang gini kali ya:

Pokokna mah awas aja ya! Aku inget inget kamu udah nyakitin aku. Awas aja!

Kira kira kaya gitu lah ya. Cuma karena emosi negatif itu dibiarkan tersimpan di diri dan jiwa. Maka dia merasuk *bahasanya euy ke dalam sukma. Hingga menguasai semua perasaan dan hati kita. Bawaan benci tadi lama lama jadi penyakit hati. Naudzubillah..

Sungguh cape rasanya.. Hingga akhirnya, saya kenal sama yang namanya Emotional Healing.

Pelan-pelan saya lepaskan rasa dan emosi negatif tadi. Saya ikhlaskan dan saya lepaskan… Rasanya jauh lebih enteng. Ngga sampai saya bisa langsung berhubungan baik sama orang yang menyakiti hati tadi sih. Cuma saat saya ketemudia ngga sampai pengen nyakar lagi. Ngga ada dendam lagi. BIASA AJA. Meskipun pada jamannya, dia pernah nyakitin saya sampai segitunya.

Saya pernah baca sebuah quote.

Dengan memaafkan, banyak hal bisa terobati.

Sekarang saya sedikit bisa paham maksudnya. Bahwa sebenarnya yang diobati itu hati kita sendiri. Dari emosi negatif tadi. Supaya bersih hati, ngga dendam dan ngga cape hati. Ya ngga?

Jadi sekarang kalau ada yang nyakitin secara omongan *paling sering ini nih, komentar netizen akhir akhir ini makin banyak kan?!. Nah, saya berusaha belajar sehat mental aja.

Udahlah, maafin aja. “

Anggep aja dia ngga ngerti kalau tingkahnya nyakitin kita. Ngga usah cape cape ditegur pake bahasa kasar. Janganlah. Ngabisin waktu dan energi. Belum tentu dia bisa terima dan mau dengerin. Itu tugas orang lain aja. Kita cukup maafin aja tingkahnya. Bukan buat dia. Tapi buat kita sendiri. SUPAYA kita jauuuh lebih SEHAT MENTAL.

Karena menurut saya, salah satu kunci sehat mental adalah Melepaskan emosi negatif yang sempat mampir, jangan biarin dia lama lama dan betah tinggal di dalam hati kita.

Nah, kalau menurut kamu gimana? Share yuuuk!

“Satu di antara keputusan paling berani yang pernah kamu buat adalah melepaskan apa yang menyakiti hati dan jiwamu.”

Satu pemikiran pada “Melepaskan

Tinggalkan komentar