Teko


Sebuah nasehat dari Aa Gym terngiang di kepala saya.

 

Nasehat lama sebenarnya, tapi entah mengapa nyantol lagi dan tetiba saya langsung ingat hari ini. Ceritanya secara nggak sengaja saya baca status seorang teman. *meskipun saya gak kepo, semua orang juga tahu kalau status yang dipublish itu bisa dibaca siapa saja kan? 😀 *

 

Kaget  aja. Selama ini tampilan si teman tadi baik-baik saja. Seperti muslimah lain yang saya kenal. Dia berhijab, menutup auratnya sebagai perempuan dan juga berbaju longgar. Sejauh yang bisa saya lihat secara visual, nggak ada tanda-tanda yang mengarahkan bahwa dia terkena depresi tingkat tinggi atau gangguan emosional. Semua normal-normal aja. Hingga akhirnya saya mendapati dia menulis status umpatan yang bertubi-tubi. Entah untuk siapa status itu dia peruntukkan. Nggak ada mentionnya. *mungkin kalau dimention lebih tepat sasaran kali ya? *eh? 😆

 

Demikianlah. Gak usah bahas isi statusnya ya. Saya langsung inget sama nasehat sederhana Aa Gym. Bahwa:

Teko hanyalah teko. Ia akan mengeluarkan isi yang ada di dalamnya. Kalau dia berisi teh maka yang keluar teh, pun juga jika isinya kopi maupun sirup. Teko hanya tempatnya saja.

Kalau dalam kasus manusia ya kurang lebih begini. Tampilan boleh preman, tapi kalau orangnya baik dan santun ya baik juga pembawaannya. *inget kasusnya Guminya Ayla yang ketemu preman yang ternyata suami mantan pasien Gumi waktu jadi bidan di Astana Anyar.

 

Begitu juga sebaliknya, kalau tampilannya alim tapi suka ngumpat, nyakitin orang dengan ucapan dan perbuatan, suka jahat.. Duuh… Naudzubillah… Semoga kita terhindar dari hal demikian. Kalaupun dulu begitu, mudah-mudahan sekarang dapat pencerahan dan kembali ke jalan yang benar. Aamiin..

Alangkah indahnya kalau nggak hanya tampilan luarnya aja yang indah tapi juga isi di dalamnya, kan? 🙂

 

4 pemikiran pada “Teko

  1. aamiin….

    di lain kesempatan AA Gym juga bilang yang kira-kira…. “orang seperti di atas itu sudah baik. mungkin kalau dia tidak berhijab… perbuatannya akan lebih buruk”

    😀

Tinggalkan Balasan

