[Sebelum] Tiga Puluh [sekian] Tahun


Beberapa waktu yang lalu, teman saya mengadakan GiveAway tentang pencapaian di usia 30 tahun. Tapi tulisan ini nggak berhubungan sama GA itu. Saya nggak ikutan GA-nya, tapi tertarik menjawab tantangan ‘tugas’ yang diberikan dalam GA tadi . Yaitu menjawab pertanyaan dan berbagi kisah di blog masing-masing tentang pencapaian yang telah dilakukan sebelum usia 30 tahun. Atau bahasa sederhananya adalah…

Apa impian atau keinginan yang ingin kamu capai sebelum usia 30 tahun? Dan setelah melewati usia 30 tahun, apakah impian kamu itu sudah tercapai?

Sesederhana itu.

Tapi berhubung akhir-akhir ini saya kena penyakit kehilangan passion update blog *uhuk.. :mrgreen: dan memang seringkali kurang beruntung untuk bisa minjem komputer dan laptop, maka akhirnya ketunda-tunda deh nulisnya..

Dan sekarang pas ada waktu luang, maka…

Inilah kisah saya tentang USIA 30 Tahun..

Impian dan keinginan sederhana saya sebelum mencapai usia 30 adalah:

1. LULUS KULIAH

Ya iyalah…! Harus bisa lulus sebelom usia 30 tahun.. Hehehe..

 

2. KERJA dan DAPAT UANG SENDIRI

Setelah lulus kuliah -atau sebelum lulus- saya emang bercita-cita kerja dulu, baru nikah. Ini juga salah satu pesan dari ibu saya dan emang sayanya sendiri juga kepengen ngerasain pegang duit sendiri dan belanja pakai uang yang didapat dari keringat sendiri. Alhamdulillah, sebelum resmi lulus kuliah, saya udah punya kerjaan tidak tetap sebagai asisten dosen di kampus dan nggak lama setelahnya saya diterima kerja di salah satu perusahaan swasta dan lulus (diwisuda), lalu sempet naik jadi karyawan tetap tapi keburu dilamar dan akhirnya nikah sama bapaknya anak-anak.. :mrgreen:

Ah.. Nggak pa pa deh sekarang udah nggak ngantor lagi, yang penting udah pernah kerja dan pegang duit sendiri!

 

3. TRAVELLING ke tempat-tempat asyik bareng temen-temen

Ide ini tercetus justru ketika saya sudah bekerja, lagi jomblo dan dikomporin temen-temen kantor yang semuanya masih single alias belom punya suami dan anak. Berawal dari ide nekad salah seorang teman -yang emang biasa jalan-jalan naik gunung-, untuk mengunjungi salah satu tempat wisata yang ‘katanya’ memiliki pantai yang nyaris mirip sama pantai yang ada di film THE BEACH-nya Leonardo DiCaprio.

Emang ada pantai kaya gitu di Indonesia?

Di mana?

Ternyata ada saudara-saudara.. Dan itu sudah jadi ‘rahasia umum’ sekarang. Namanya Pantai Sendang Biru, yang letaknya tersembunyi di dalam Pulau ‘pribadi’ Sempu, Malang Selatan.

Dan sebelum usia 30, saya udah pernah ke sana!

Yeay!!

Asli ini pantai terakhir kali saya ke sana cantik banget. Nggak bakalan rugi deh jauh-jauh ke sana..!

 

4. PERGI KE LUAR KOTA [TRAVELLING] SENDIRIAN

Sebenarnya ide pergi keluar kota sendirian ini saya bacanya duluuu banget. Di majalah remaja GADIS. Jadi di salah satu artikelnya ada beberapa hal yang harus kalian lakukan sebelum usia 17 tahun. Dan salah satunya PERGI TRAVELLING sendirian.

Dulu.. waktu saya remaja, travelling nggak seheboh sekarang. Jarang ada yang jalan-jalan sampai keluar negeri naik pesawat atau pergi ke Pulau Seribu buat berenang sama ikan hiu. Belom seheboh itu ajakan travellingnya. πŸ˜›

Jadi travellingnya sekedar pergi dari Surabaya ke Jakarta ke rumah saudara, gitu aja udah pencapaian besar. Naik kereta api pula.. *halah.. :D*

Nah, saya udah pernah tuh kalau kaya gitu!

Ke Semarang sendirian udah pernah.

Ke Yogya sendirian juga udah.

Ke Bandung ? Hayuuk ajah!

Oh iya, saya dulu tinggal di Surabaya.. πŸ™‚

Jadi naek kereta apinya dari Gubeng.. πŸ˜€

5. MENIKAH

Cita-cita saya menikah sesuai umurnya. Nggak nikah muda-muda amat nggak juga ketuaan. Jadi sedang-sedang saja. Pengennya sih setidaknya menikahnya masih dalam usia produktif untuk menikah, dan melahirkan.

Alhamdulillah.. Saya menikah setelah lulus kuliah, bekerja dan dilamar bapaknya anak-anak.. Pada usia 26 tahun.. πŸ™‚

DSC_2720

6. PUNYA ANAK

Saya nggak menunda kehamilan dan juga nggak kejar setoran supaya cepat-cepat hamil. Dulu pilihannya kalau belum hamil ya lanjut kerja tapi kalau udah hamil ya berhenti kerja. Sesederhana itu. Dan saya menyerahkan semuanya pada Yang Maha Kuasa.

Ternyata, saya langsung hamil anak pertama saya. Melahirkan du usia ke 27 dan sebelum usia 30, saya nggak cuma punya satu anak, tapi DUA orang anak. Alhamdulillah.. πŸ™‚

tiga

7. NGEKOST

Salah satu keinginan terbesar saya saat kuliah adalah NGEKOST!

Kayanya seneng banget bisa hidup mandiri di tempat kost-kostan.. Hehe

Dan ini adalah salah satu keinginan saya yang nggak kesampaian mulai awal kuliah sampai saya lulus kuliah. Akhirnya saya cuma bisa maen ke kost temen dan kadang-kadang nginep di sana. Itu juga rame-rame. Pindah tidur doang! Hehehe… :mrgreen:

Sebenarnya kurang lebih itu sih yang masih saya ingat tentang impian dan keinginan saya yang pengen dicapai sebelom usia 30. Tapi ketika saya menjalaninya, ternyata ada bonus-bonus lain dari Allah SWT yang tidak pernah saya rencanakan tapi terjadi dalam hidup saya. Ini beberapa di antaranya.

 

7. BIKIN BUKU SOLO

Ini nggak pernah kepikiran sama sekali awalnya. Saya cuma niat ngumpulin tulisan-tulisan lama saya yang berhubungan dengan keluarga saya. Eh ternyata suami saya meminta tolong sahabatnya untuk membuatkan cover bukunya, dan alhamdulillah, dengan bantuan self publishing dari nulisbuku, maka SEBUAH PERJALANAN HATI, buku kumpulan cerita saya yang terilhami dari orang-orang terdekat saya bisa dijadikan sebuah buku utuh.

Alhamdulillah.

sebuah perjalanan hati cover

8. BLOG, GRUP NULIS, GIVEAWAY, BANJIR HADIAH

Ini beberapa hal seru yang saya dapatkan setelah menikah.

Meski akhirnya berhenti bekerja kantoran, bukan berarti saya berhenti berkarya. Berawal dari ajakan suami saya untuk memulai lagi hobi lama saya menulis (dulu saya nulis blog di friendster) maka saya pun dibuatkan blog baru oleh suami saya. Beberapa kali sempat aktif di facebook akhirnya saya diajak ikutan grup nulis oleh beberapa orang teman, mulai sering update blog, ikutan giveaway sampai memenangkan beberapa hadiah hiburan dari teman-teman penulis. Belum lagi beberapa tulisan saya yang nyangkut dalam antologi dan beberapa di antaranya diterbitkan menjadi sebuah buku.

Seru, asyik dan membuat saya banyak bersyukur.

Akhirnyaaa..

RENCANA DAN IMPIAN Β 30 +

Hahaha…!

Ketahuan nih kalau usia saya udah 30 lebih dikit. :mrgreen:

Impian yang paling deket sih, menyelesaikan #proyekpribadi. Ngumpulin beberapa tulisan saya (lagi) jadi kumpulan cerita. Tapi kali ini kumpulan flash fiction. Selain itu juga kumpulan tulisan FF bersambung dari proyek #13HariNgeblogFF.

Mudah-mudahan lancar semua, jadi bisa sekalian untuk dijadikan hadiah ultah dari saya, oleh saya dan untuk saya.. *apasih* πŸ˜†

Hehehe..

Impian lainnya..

UMROH / HAJI

Mudah-mudahan bisa secepatnya. Insya Allah Aamiin…

Itu dulu aja deh.

Bismillah..

Semoga diberi kemudahan dan kelancaran.

Aaamiin…

Have a nice weekend!

5 pemikiran pada “[Sebelum] Tiga Puluh [sekian] Tahun

    1. Saya nggak jadi ikutan GA-nya mba.. πŸ™‚

      GA-nya udah selesai jauh-jauh hari, tapi saya baru selesai nulisnya sekarang.. Hehehe.. πŸ˜€

      Matur nuwun sudah mampir ya… πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

