[BlogReview] Avife[dot]com


Untuk memeriahkan Kontes  Unggulan Blog Review : Saling Berhadapan yang diadakan Pakde Cholik, saya memutuskan untuk mereview blog milik mba Na Fatwaningrum. Dalam benak saya, blog yang beralamatkan di www.avife.com ini identik dengan gambar sapi. Hehehe.. Karena pertama kali saya mengunjungi blog ini dengan meng-klik www.avife.com, maka gambar sapi berwarna biru langsung menyapa saya.

Ketika saya melihat di bagian kiri atas blog, nampak wajah seorang anak laki-laki dengan pipi gembil menyapa saya. Pertama kali mendengar nama Avife, saya belum paham apa artinya. Tapi melihat foto ini, barulah saya paham bahwa avife diambil dari nama anak mba Na Fatwaningrum.

Bismillah hirrohman nirrohim…

Saya akan mulai membahas blog ini satu persatu. Dimulai dari.

DESIGN BLOG

1. Background dan Body

Pada bagian depan blog, kita akan melihat gambar Avife yang tengah bercengkerama dengan ayah dan ibunya.

depan

Di sini kita akan melihat desain blog yang terlihat simple tapi manis. Tidak terlalu banyak pernak-pernik yang diletakkan. Tidak ada musik, juga tidak ada hiasan-hiasan lain yang terkadang membuat kita terganggu. Perhatian kita akan difokuskan pada gambar keluarga kecil mba Na. Di bagian bawah blog ada menu seperti Home, Portfolio, Baraka Yarn dan Contact Me.

Saya akan mencoba menekan tombol enter di bagian bawah foto avife. Klik.

TARA.

dua

Gambar sapi biru menyapa saya. Oke, kita fokus ke bagian kiri dulu ya, di sini ada menu-menu seperti Dare To Write, Yarn & Stitches dan Precious Moments.

Itu adalah menu-menu yang mewakili isi dari blog ini. Tampilan desainnya yang berlatar terang membuat kita nyaman dan betah berada di sini. Untuk saya pribadi, body blog berwarna terang seperti ini lebih nyaman di mata saya daripada yang berwarna gelap.

2. Header

Header
Header

Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, header tulisan Avife dengan gambar bayi laki-laki berpipi gembil sudah menyiratkan bahwa Avife adalah nama si anak laki-laki dari foto ini. Pembaca dibebaskan untuk mencari tahu informasi lebih lanjut dengan menekan tombol di bawah gambar avife, yang akan membawa kita pada menu-menu yang sudah saya sebutkan sebelumnya.  Dare To Write, Yarn & Stitches dan Precious Moments.

3. Font and Aligment

Jenis tulisan yang dipakai mudah dibaca. Baik dari segi tulisan pada postingan, header ataupun menu. Bagi saya pribadi, hal ini sangat penting. Dengan tulisan yang mudah dibaca, kita akan mudah menerima pesan atau cerita yang disampaikan dan dituliskan di blog tersebut. Setidaknya dengan tulisan yang mudah dibaca tidak akan menyebabkan bias atau kesalahan menerjemahkan sebuah tulisan.

4. Komposisi Gadget

Satu-satunya petunjuk tentang blog ini adalah menu di bawah si kecil Avife, jadi saya sedikit kesulitan dan meraba-raba ada menu atau tulisan apa saja yang bisa saya temukan di sini. Ketika saya mengklik satu per satu menu di bagian sidebar kiri maupun di bagian bawah blog, saya baru menemukan sedikit gambaran isi tulisan, justru dari contact me.

contact me 1
Contact Me -atas-
contact me
Contact Me – bawah-

Saran saya, mungkin akan lebih baik jika ‘isi menu blog’ diletakkan di sidebar kiri. Karena fokus pengunjung blog sejak awal sudah ‘diarahkan’ ke sana. Dan peletakan profil pemilik blog juga tidak ada. Tidak ada keterangan yang menginformasikan dan menjelaskan siapa nama pemilik blog ini. Bahkan nama mba Na Fatwaningrum pun tidak disebutkan. Tapi jika jeli, kita bisa melihat dua icon kecil berwarna hitam di pojok kanan bawah. Yang jika di-klik maka akan langsung terarah menuju akun social media lain dari pemilik blog. Yaitu akun facebook dan twitter mba Na. Dan akhirnya dengan menekan dua tombol tadi, semuanya misteri tentang siapa si pemilik blog akan terpecahkan.

KONTEN BLOG

1. Intensitas

Dari keterangan di bagian kanan bawah, saya mendapatkan informasi kalau blog ini baru saja dimiliki oleh mba Na. Yaitu kurang lebih dari tahun 2012 -2013. Kurang lebih sekitar satu tahun.

2. Label 

Berdasarkan petunjuk dari menu di bawah header Avife, saya mengambil kesimpulan bahwa isi blog ini dipisahkan oleh 3 menu utama.

Yaitu :

DARE TO WRITE

Berisi tulisan-tulisan fiksi hasil karya mba Na. Baik yang masih berupa postingan blog, maupun yang sudah menjadi sebuah buku antologi. Ketika kita meng-klik salah satu postingan, kita akan mendapatkan keterangan bahwa mba Na juga tergabung dalam beberapa komunitas menulis.

Pada menu ini juga kita bisa melihat ulasan mba Na yang meresensi beberapa buku yang pernah dibacanya melalui label ‘RESENSI’. Dari beberapa postingan yang saya baca, mba Na termasuk aktif mengikuti PROMPT, CERMIN, serta KUIS dan BERANI CERITA yang berhubungan dengan dunia menulis fiksi.

banner
sekilas tentang isi postingan dan banner grup menulis

YARN & STITCHES

Berisi segala informasi tentang merajut. Mulai dari jenis benang, informasi seputar benang rajut, hasil-hasil karya rajutan dan koleksi mba Na, tips merawat rajutan serta tips merajut dengan crochet. Semua diulas lengkap oleh ibu satu putra ini. Silakan disimak bagi anda yang ingin belajar lebih jauh tentang merajut. Yuuk bareng saya!

PRECIOUS MOMENTS

Postingan dan segala hal yang berhubungan dengan keluarga, sepert foto keluarga saat lebaran, cerita tentang anak dan juga informasi wisata. Setelah mengubek-ubek beberapa postingan, barulah saya mengerti bahwa ada informasi tambahan yang sebelumnya luput dari perhatian saya. Ada label lain seperti by ‘ibu’, by ‘admin’ dan by ‘bapak’ yang menandakan penulis postingan tersebut. Setelah saya bertanya pada mba Na, barulah saya memperoleh informasi bahwa blog Avife ini memang blog keroyokan antara mba Na dan suami. Semua tulisan berlabel by ‘ibu’ ditulis oleh mba Na, dan label by ‘admin’ atau by ‘bapak’ adalah postingan milik sang suami. Seperti pada postingan Rayon Yarn dan Gunung Kelud.

Meskipun berumur baru satu tahun, blog ini sudah memiliki beragam jenis postingan. Saran saya, mungkin ke depannya supaya lebih banyak ditambah postingan tentang anak dan karena blog ini blog kolaborasi, mungkin bagus juga kalau membuat tulisan kolaborasi dengan suami.

Tetap berkarya ya mba Na..

Sukses selalu.. 🙂

Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Blog Review~Saling Berhadapan

Riri-4-tahun-BlogCamp1-300x187

7 pemikiran pada “[BlogReview] Avife[dot]com

  1. Awalnya saya bingung komen di bognya Queen Na hihihihi… 😀 gak keliatan kolomnya.
    Sekarang udah bisa. Malah bisa milih komen pakai akun blog, fb, atau twitter 🙂

    Sukses kontesnya, Queen Bee

Tinggalkan Balasan

