Tentang membalas komentar di blog


Pernahkah kamu mengunjungi sebuah blog dan terjadi pembicaraan semacam chatting di kolom komentar? Mungkin awalnya membahas isi postingan, lalu lama-lama malah jadi OOT dan kesannya ngobrol sendiri. Gimana kalau kamu mendapati hal seperti ini?

Nah beberapa teman saya ada yang seperti ini. Seperti diskusi interaktif jadinya ya?

Kalau saya pribadi, hal seperti ini oke-oke aja. Kadang kala saya juga melakukannya. Tapi di kolom komentar teman saya, bukan di tempat saya.

Kenapa? Apa saya terganggu dengan komentar OOT tadi di blog saya? Sebenarnya bukan itu alasannya sih. Alasannya si teman yang komentarnya sudah saya jawab, nggak balik lagi buat memberi tanggapannya. Dan hal seperti ini sering terjadi. *mesaknee.. :mrgreen:

Tapi saya berpikir positif saja. Mungkin si teman ini sibuk sekali atau tidak ada notifikasi di blognya kalau saya sudah membalas komentarnya. Hehehe

 

Yang beberapa kali bikin misunderstanding itu ketika saya membalas komen salah seorang sahabat, tapi sahabat yang lain belum sempet dijawab. Ada beberapa kemungkinan kalau itu terjadi di tempat (blog) saya.

Pertama

Saya mau membalas semua komentar, tapi waktunya kurang.

Misalnya ada beberapa komentar di postingan saya ketika saya mengecek Β semua notifikasi. Dan ketika saya baru menjawab komentar yang paling atas dalam notifikasi- itupun saya balas dengan sistem langsung meng-klik balas- dan belum sempat menjawab komenatar dari teman yang lain, eh keburu banyak panggilan darurat. Yang pup, pipis, mau maem, mau mandi, ambilin ini itu daan sebagainya.. :mrgreen:

*maklum emak-emak.. πŸ˜€

Kedua

Setelah mempublish postingan, saya nggak bisa stand by memantau. Ya karena itu tadi, saya ibu rumah tangga dengan dua balita. Rempong? Nggak…

 

Nggak salah! πŸ˜†

Ketiga

Saya pakai waktu sempit saya buat blogwalking. Jadi mungkin saya nggak bisa langsung membalas komentar di postingan, tapi saya sempatkan untuk blogwalking dulu ke beberapa blogger yang sudah menyempatkan diri mengunjungi blog saya dan memberi komentarnya. Kalau yang dikunjungi belum rata, sekali lagi saya minta maaf. Mungkin saya mengunjungi tapi tidak meninggalkan jejak. Biasanya karena kolom komentarnya kurang bersahabat.

 

Saya juga sering menemukan, beberapa orang mengunjungi blog saya tapi mereka tidak berkomentar. Hanya silent reader. Beberapa kemungkinan yang terjadi adalah.. Karena isi postingan saya yang memang biasa saja, si teman malas komen karena nggak ada yang perlu dikomen atau malah kolom komentar saya yang tidak bersahabat.

Saya menggunakan wordpress, dan paling susah komentar di platform blogspot (kalau sedang blogwalking pakai hp), jadi sudah banyak komentar, pas mau ‘kirim komentar’ tiba-tiba komentarnya hilang semua.. 😐

Duuh membuat kesal sekali.

Belum lagi banyaknya form yang harus saya isi, atau captcha yang super ketat. Ribet.

Nah saya nggak tahu apa teman-teman yang pakai blogspot dan online di hp juga memiliki kendala yang sama saat berkomentar di blog saya?

Tulisan ini terinspirasi pertanyaan mba Ely di postingan ini.

Pertanyaannya adalah..

Perlukah Membalas Semua Postingan Di Blog?

Yang saya jawab begini:

Sebisa mungkin saya jawab mba Ely. Meskipun seringnya jadi telat-telat. Karena setelah posting saya nggak terus memantau. Mungkin kalau pas saya membalas komentar si pemberi komentar juga online, akan terjadi semacam chat. Tapi ini jarang banget terjadi.

Chat β€˜cuma’ terjadi di blog pribadi si teman yang saya kunjungi saat blogwalking. Jadi kesannya pengunjung kalau komentar di blog saya, ya sudah komentar saja. Bahkan dia nggak memantau lagi pertanyaan yang dilontarkan di blog saya sebelumnya. Padahal saya juga sudah membalas berbusa-busa dan berharap ada tanggapan balik. Tapi kebanyakan nggak.

Ya sudah.

Kalau seandainya saya bertanya tentang sesuatu di salah satu blog yang saya kunjungi, besoknya lagi saya pasti ke sana untuk melihat apa pertanyaan saya sudah dijawab. Biasanya begitu. Lalu akan terjadi semacam diskusi.

Dan jujur saja, akhir-akhir ini saya rebutan banget pakai laptop / komputer. Jangankan membalas komentar, mau posting juga ngantri. Hehehe..

*malah curhat..

Nah itu jawaban saya.

 

Bagaimana denganmu teman? Perlukah membalas semua postingan di blog? Share yuuk!

 

PS:

Oya, sekalian saya meminta maaf bagi teman-teman yang sempat merasa terabaikan saat komentarnya belum saya balas. Postingan ini bukan pembelaan sih, lebih ke penjelasan saja. Semoga teman-teman bisa maklum dan nggak kapok komentar di sini ya.. πŸ™‚

Ekspresi kemenangan setelah menguasai komputer untuk nonton Upin - Ipin :mrgreen:
Ekspresi kemenangan setelah menguasai komputer untuk nonton Upin – Ipin :mrgreen:
21 pemikiran pada “Tentang membalas komentar di blog

  1. klo sya berbalas komen tergntung mood sya, ada yg sya gabung semuanya atau ada yg satu-satu…

    sekedar info, coba di hpnya install UC Browser shg akan mempermudah berkomentar di blogspot, bila hpnya sdh andro mungkin lbh mudah lagi krn opera mininya sdh connect.

    awalnya sya jga kesulitan komen di blogspot krn hp yg berbasis java apalagi opera mini yg bs diinstal hanya yg versi 4
    #maafklokomenkpnjngan

  2. Happy sunday mba Bee πŸ˜€
    Kalo aku sih mba slalu berusaha membalas setiap koment walau terkadang cuma membalas dengn lambang senyuman..tp mgkin waktunya gak langsung.
    kalo masalah balas atau tidak sebuah koment atau koment balik di blog mereka itu sih 100 persen hak yg empunya blog. Cuma kalo aku pribadi sih gak mau mengecewakan teman pengunjung dengan tidak membalas koment mereka atau tidak koment balik dengan alasan apapun. takutnya ketika aku memberikan sebuah alasan mengapa tidak dibalas atau tidak koment, eh taunya mereka menjumpai komentku terbaru di blog lain. Kalo istilah sehari-harinya itu kita ngaku sakit ke si A padahal kita jalan bareng sama si B ke mall, dan sialnya di mall ketemu si A secara gak sengaja wekekekeke..

  3. makasih byk linknya mbak πŸ™‚

    mungkin dlm hal ini kecepatan membalas komentar yg menjadi kendalanya mbak, bisa juga terjadi ada yg balik lagi ke blog mbak Rini buat ngecek komentarnya tapi belum dibalas balas, jadi terkesan mereka spt nggak peduli dengan komentarnya, padahal justru mereka berpikir sebaliknya, karena komentar mereka belum dijawab tapi mbak Rini sudah banyak posting baru misalnya, khan jadi mikir kl sdh ada postingan baru , tapi komentar lama belum dijawab, ya mungkin nggak akan dijawab.

    Memang beda blogger beda opini ya mbak, suka suka pemilik blognya, nggak bisa dipaksa juga kl emang sibuk dan nggak punya waktu. Aku nggak bisa menjawab komentar bisa berhari hari mbak cuma pas kalau liburan sj krn waktu itu aku lepas dr internet, usai liburan baru kujawab krn postingannya aku jadwal πŸ™‚

    1. Iya mba. Bisa jadi seperti itu ya. Ya, mudah-mudahan para blogger bisa saling mengerti satu dengan yang lain. Ada juga beberapa teman saya yang memang tidak membalas sama sekali komentar yang ada di postingan blog-nya. Dan sepertinya mereka sangat sibuk sekali.. Hehe..

      Semoga kita bisa sama-sama saling mengerti ya Mba.. πŸ˜€

      1. Kalau yang nggak menjawab komentar sama sekali itu belum tentu mereka sibuk mbak, bisa juga emang disengaja krn prinsipnya nggak mau menjawab, tapi mengunjungi balik ynag memberi komentar, cuma memang pembacannya jadi nggak bisa berinterkasi sama pemilik blognya, ini amsih mending mbak, yg enggak menurutku mereka yg jelas jelas memilih milih dalam menjawab komentar

      2. Nah kalau memilih-milih ini yang ngeselin ya mba? Saya mungkin juga ‘kesannya’ begitu ya?

        Ah.. Terima kasih ya mba, telah mengingatkan saya.. πŸ™‚

        *peluuuk*

  4. Kalau saya pasti di bales klo engga saya bales mungkin saya sakit atau lupaa hhohoho tapi yg terakhir itu jarang banget

  5. kalau saya insyaallah membalas komen-komen yang masuk, meski ga semuanya. pernah di beberapa postingan saya ga membalas satu pun komen yang masuk. kenapa? karena waktu itu memang lagi padat-padatnya jadwal *halah belagu. jadi aja blog terbengkalai, komen-komen yang masuk juga jadi ikutan terbengkalai. Alhamdulillah, meski waktu itu pernah beberapa kali nggak ngebalas komen, teman-teman tetep nggak kapok untuk berkunjung ke blog saya *ngusap air mata* *lah malah curhat. hihiii

    btw, saya juga suka memantau komen yang saya tulis di blog orang. pengen tau apakah dibalas apa nggak. tapi itu kadang-kadang sih, kalau saya inget aja. hehehe seneng kalau misalnya komen kita dibalas sama orang πŸ˜€

  6. Meskipun tidak wajib, membalas komentar bisa dianggap sbg bentuk penghargaan pengunjung yang telah meninggalkan jejak. Saya sendiri juga beberapa kali kewalahan tidak langsung membalasnya saat itu.
    Tapi kalo komentar OOT, kembali ke sikap si pemilik blog, tidak perlu memaksakan diri untuk ikut OOT juga.

  7. Jujur, saya tuh blogger sejak 2006…tapi diem-diem, ga pede untuk sharing. πŸ™‚ Apalagi belum ada fb dan twitter. Dua tahun terakhir malah setahun cuma nulis 2 tulisan. Tahun ini setelah ikut IIDN, lhooo banyak ibu2 blogger, muda2 lagi. Berhubung semua pada terbuka dan meninggalkan komen, berarti menambah teman…yaaa saya usahakan balas komen2nya.

Tinggalkan Balasan

