Latte Art


Ceritanya, waktu itu saya kebetulan lihat liputan tentang barista art. Buat penggemar kopi terutama latte, pasti nggak asing sama yang namanya barista art atau latte art.

Barista adalah sebutan untuk seseorang yang pekerjaannya membuat dan menyajikan kopi kepada pelanggan.[1] Kata “barista” berasal dari bahasa Italia yang berarti “pelayan bar“.

Nah, saat menyajikan sebuah latte, yang membedakannya dengan kopi lain yaitu lapisan susu yang berada di atas kopi. Nah lapisan susu yang berbentuk busa inilah yang biasanya dilukis oleh para barista untuk membuat tampilannya jadi menarik.

Latte atau Caffè latte (Bahasa Italia yang artinya kopisusu) adalah espresso atau kopi yang dicampur dengan susu dan memiliki lapisan busa yang tipis di bagian atasnya.[1] Perbandingan antara susu dengan kopi pada caffè latte adalah 3:1.[2] Di AS kombinasi latte terdiri dari sepertiga espresso dan dua pertiga susu panas, sehingga lebih terasa susunya dibanding cappuccino.[3] Minuman ini pertama kali ditemukan di Italia pada akhir 1950 oleh Lino Meiorin.[4] Ia merupakan pemilik dari sebuah cafe dan merupakan barista pertama dari Italia.[4] Pengunjung cafenya ketika itu tidak terbiasa dengan rasa dari cappuccino tradisional yang sangat tajam dan karenanya meminta lebih banyak susu (latte) untuk dicampur dengan kopi tersebut.[4] Lama-kelamaan Lino memutuskan untuk menjual minuman espresso dengan lebih banyak susu dan menyebutnya sebagai “caffè latte”.[4] Ketika itu, ia menyajikan caffè latte dalam mangkuk dan kemudian beralih menggunakan gelas bir.[4] Kini, caffè latte disajikan dalam cangkir.[4]

Kira-kira, seperti inilah cara membentuk lukisan latte.

6232399017_2069978052_z

 

Dan dengan keahlian si barista, tampilan busa susu itupun nantinya bisa berwujud seperti ini.

latte_art4
Daun
Love
Love
Kapal
Kapal
barista-artists-7
Panda
coffee_art
Wajah perempuan
coffee_art_2
Monyet
Kupu-kupu
Kupu-kupu

Atau malah figur wajah orang terkenal. Misalnya bapak yang satu ini.

Latte-Art-24

Ada yang bisa menebak wajah siapakah itu? 😀

Sebenarnya masih banyak bentuk yang lain yang bisa dibuat. Ada sarang laba-laba, naga, kuda terbang, bulan bintang, king dan masih banyak lain. Nah di antara semua bentuk latte art yang saya taruh di sini, ada satu bentuk yang jadi favorit saya. Yaitu bentuk ini. Panda 3D.

Panda 3D
Panda 3D

Lucu banget kan? Detil hidungnya sama kakinya yang seperti timbul membuatnya tampak hidup. Dan waktu lihat liputan tentang latte art ini di TV, saya jadi kepikiran untuk belajar membuatnya. Seru mungkin ya? 😀

 

Atau mungkin ada juga yang tertarik? Bisa barengan kita belajarnya. Hehehe..

5 pemikiran pada “Latte Art

  1. Eh jeung tahu gak aku juga mau buat artikel ini -ee.. keduluan sama pean-, inspirasinya waktu aku diajak -ehmm- nongkrong disalah satu kafe favorit nya..
    wis baca ini aja sudah seru… tq ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s