Kok mirip?


Malam ini, saya mampir ke blog salah seorang sahabat. Nah, di sana kebetulan saya lihat daftar buku yang sudah dibacanya. Dan pandangan saya tertarik melihat cover salah satu buku yang sudah dibacanya. Ternyata itu cover bukunya Nina Ardianti & Moemoe Rizal yang judulnya Fly To The Sky. Ini penampakannya.

2
Fly to The Sky

 Nah melihat sepintas cover buku ini, saya merasa de javu. Kayanya saya pernah melihat cover dengan design yang serupa. Dan benarlah. Saya pernah melihat cover mirip ini di buku duetnya Sefryana Khairil dan Prisca Primasari yang judulnya Beautiful Mistake. Ini penampakannya.

3
Beautiful Mistake

Beberapa waktu sebelumnya, saya juga pernah lihat di FB-nya mas Robin William eh maksudnya Robin Wijaya. Dia pernah ngabarin kalau buku duetnya dengan Dahlian yang judulnya Menunggu udah hampir terbit (kalau sekarang mah udah tersebar di seluruh took buku.. :D). Dan sepintas waktu lihat covernya saya melihatnya mirip kaya surat. Dan cover inilah yang pertama kali saya lihat dengan penampakan unik kaya amplop surat. Cantiik.. 🙂

1
Menunggu

Beberapa kali membaca statusnya mas Robin, saya tertarik sama diksi keren nan romantis bikinannya. Dan salah satu yang saya ingat itu tulisan yang jadi tagline bukunya ‘Jika Hujan Pernah Bertanya’. Ini quote favorit saya itu.

Setia adalah alasan kecilku untuk tetap mencintaimu.

Dan bicara tentang diksi keren, saya jadi inget sama blogger yang suka melagukan cerita dan menceritakan lagu. Yuup, siapa lagi kalau bukan jeng ~Ra.. Saya sukaaa bangeeet sama puisi-puisi keren penuh diksi buatannya. Kira-kira kalau lagi ngomong biasa, ~Ra pake diksi juga nggak ya? :mrgreen:

Balik lagi ke cover buku ya. Pas ikutan #13HariNgeblogFF dan main ke blognya Adit, saya baru tahu kalau Adit ternyata udah ngeluarin novel duet. Duuh.. Kemana aja ya saya? :mrgreen:. Dan tulisan-tulisan di blognya Adit ini adalah salah satu favorit saya. Tulisan-tulisannya bikin saya jatuh hati. Pokoknya kalau baca ceritanya saya suka senyum-senyum sendiri. Inget jaman abegeh.. *halaagh :D. Dan setelah lihat cover bukunya Adit (Aditia Yudis) sama partner duetnya Netty Virgiantini yang judunya Bittersweet Love, sepintas saya ngelihat ada kesamaan sama buku duetnya mas Robin. Ini penampakannya.

5
Bittersweet Love

Tuuh.. Mirip kan ya? Apa karena bentuknya yang kaya amplop ya? 😀

Nah ternyata yang punya ide bikin cover buku dalam bentuk horizontal gini nggak cuma 8 penulis  (empat buku, karena mereka nulisnya duet)di atas lho. Ada lagi dua pasangan duet yang juga memakai cover dengan desain yang hampir mirip. Ini dia.

With You karyanya Christian Simamora & Orizuka.

4
With You

 Dan yang ini. Silang Hati, karyanya Sanie B. Kuncoro & Widyawati Oktavia.

6
Silang Hati

Nggak tahu juga siapa yang meniru desainnya siapa. Dugaan saya sementara karena penerbitnya sama yaitu Gagas Media. Atau memang Gagas Media sengaja bikin cover model gini supaya gampang dikenali kalau buku dengan covernya bentuk gini itu adalah karya duet. Tapi kalau menurut saya pribadi kok jadinya nggak orisinal lagi ya. Kelewat banyak buku yang penampakannya kaya gini. Jadi ya… gitu deh. Kesannya cuma ngeganti nama penulis sama ganti warna aja. Sisanya mirip. Setipe. Tapi lucu juga kali ya kalau memang kolektor buku. Maka diborong semua bukunya Gagas Media ini. Atau memang itu tujuannya? Hehehe.. 😀

Eh ini baru beberapa buku yang saya temukan gambar covernya. Mungkin saja ada lagi yang belum sempet saya taruh di sini.

Oh iya, selain cover buku-buku di atas, saya juga pernah ngerasa efek de javu pas lihat sebuah cover buku. Apalagi pas membaca tagline-nya “Bolehkah aku mencintaimu?”. Lalu penampakan gambar laki-laki dan perempuan yang memegang balon. Ini covernya.

cover-2_resize
Dear Friend With Love

Mirip banget dengan karya salah seorang teman saya. Kebetukan waktu itu saya baca novelnya versi online. Ceritanya juga hampir sama. Tentang sahabat yang akhirnya memutuskan menikah. Tapi nggak tahu kalau Dear Friend With Love ini apa ceritanya kaya gitu. Dugaan sementara saya cuma karena baca tagline-nya aja. :P. Nah, ini dia penampakannya.

couple_love_22
Coupl(ov)e

Tuh.. Mirip kan ya? Atau cuma perasaan saya saja? :mrgreen:

Nah kalau kasus ini entah siapa yang niru siapa. Entah siapa yang terinspirasi siapa. Dan pas saya tanyakan teman saya, dia bilang kalau novelnya nanti, yang rencananya akan diterbitkan dan dicetak, kemungkinan memiliki cover yang beda dengan yang versi online. Dan kebetulan memang dia sudah lihat kemiripan cover COUPL(OV)E versi online itu dengan DEAR FRIEND WITH LOVE. 🙂

Yang pasti keduanya akhirnya diterbitkan di dua penerbit yang berbeda.

Oh ya, karena penasaran, akhirnya saya ngubek-ngubek situs GAGAS MEDIA. Dan inilah beberapa cover dari novel duet yang berhasil saya dapatkan.

3
TERPESONA
A
HARMONI
KEKASIH
KEKASIH
TRUTH OR DARE
TRUTH OR DARE

Dan ternyata dugaan saya benar. Kalau memang buku yang dibentuk horizontal ini semuanya ditulis duet. Sama sekali nggak ada bahasan isi novelnya ya? Karena memang saya belum baca semuanya. Hehehe.. 😀

Oya, siapa tahu ada teman-teman yang bingung mau beli novel apa. Dan begitu lihat penampakan beberapa cover buku yang saya pajang di sini langsung jatuh hati. Atau ada teman-teman yang udah baca novel yang saya taruh di atas? Yang mana favorit kalian?

Oke, sekian cerita saya tentang cover buku. Selamat pagi!

 

Ps: Tulisan ini saya tulis semalam tapi baru sempet diposting hari ini.. 😀

Iklan

6 pemikiran pada “Kok mirip?

  1. They might be look like the same.. tapi bagus2 kok.., jadi jenengan sudah baca yang mana? Klo aq pingin baca karya Sefryana Khairil dan Prisca Primasari yang judulnya Beautiful Mistake. Ada yang sudah punya bukunya? Pinjam donk… heee…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s