Kebun bibit


Sebelumnya, saya pernah cerita tentang taman Tegallega yang ada di Bandung. Nah waktu itu saya bilang kalau Tegallega itu mirip sama kebun bibit yang ada di Surabaya. Sekarang dibalik. Saya mau cerita tentang kebun bibit. Siapa tahu ada yang belum tahu.

Apa sih kebun bibit itu?

Jadi, kebun bibit itu semacam kebun luas tempat bibit tanaman dikembangbiakkan (bahasa apa ini? :|). Ya intinya salah satu taman kota yang ada di Surabaya. Paru-parunya kota. Supaya masyarakat Surabaya bisa bernapas lebih lega karena jelas di taman ini nggak ada polusi udara.

Naah.. Gosip kalau SURABAYA PANAS TERIK nggak akan berlaku kalau kita main-main ke taman ini. Kebun bibit yang saya ketahui berada di dua lokasi. Lokasi pertama di kawasan Ngagel Jaya. Kalau kita masuk ke sini, tidak akan dipungut biaya masuk. Kabarnya, ada persengketaan lahan antara pemerintah dan swasta. Karena memang letaknya yang strategis.

Meski demikian, kondisinya nggak memprihatinkan lho. Bahkan termasuk bersih. Penasaran dengan penampakannya?

taman flora 1
Kebun bibit 1 – Ngagel Jaya, Surabaya
*doc. pribadi rinibee

Meskipun masuknya gratisan, d sini kita bisa melihat beberapa binatang yang memang dipelihara. Ada kelinci, kancil, rusa, dan juga ikan. Kita bahkan diperbolehkan memberi makan, setelah sebelumnya membeli seikat kacang panjang atau makanan ikan. Harganya sekitar 1000 rupiah. Biasanya anak-anak senang. Tapi anak saya takut. *halaagh.. 😀

Selain kebun binatang mini, di sini juga ada lokasi mainan anak-anak. Standarlah. Ada ayunan (favoritnya neng Syifa), perosotan, jungkat-jungkit, ketangkasan dan kabarnya kebun bibit juga digunakan sebagai lokasi out bound sekolah.

Di tengah-tengah lokasi taman flora (ah saya baru tahu kalo kebun bibit ini bernama taman flora :D), ada kolam ikan yang cukup besar. Juga ada air mancurnya.

Jadi kalau ingin suasana yang berbeda saat berjalan-jalan ke Surabaya. Mengunjungi taman flora ini sangat disarankan lho.. 🙂

***

Sekarang, kita beralih ke sisi lain kota Surabaya. Sekarang kita bergerak ke arah Rungkut. Lokasi kedua dari kebun bibit. Kita sebut saja Kebun Bibit 2. Lokasinya di daerah Wonorejo. Awalnya berdasarkan dongeng bapak saya, kebun bibit ini hanya tempat untuk pembuangan sampah. Tapi luas tanahnya yang nyaris dua kali lipat lebih besar dari Taman Flora pun mendorong pemerintah kota untuk membuat lahan hijau yang digunakan untuk pembibitan tanaman. Sebagai salah satu misi penghijauan kota. Jadi, sebelum dibuka untuk umum, memang fungsi utama kebun bibit Wonorejo ini ya pembibitan. 😀

Lalu kebun bibit 2 inipun akhirnya resmi dibuka. Bedanya, di sini tidak ada binatang-binatang yang terlihat (atau mungkin belum ada ya?). Sama seperti kebun bibit 1, di sinipun ada mainan anak-anak. Dan tak seperti di Taman Flora, di Kebun Bibit Wonorejo kita bisa melihat sebuah danau buatan. Kabarnya danau ini menjadi salah satu tempat favorit untuk melakukan foto pre wedding (mungkin murah meriah karena ngga bayar ya? *eh? :mrgreen:).

Lalu di sini juga ada sebuah bukit mini dan lahannya yang luas memang cocok untuk yang ingin berolahraga pagi dengan berjalan kaki. Tapi jangan siang-siang ya. Karena kalau sudah siang, sinar matahari memang kerasa banget kalau kita berjalan ke arah bukit kecil ini.. 🙂

Penasaran dengan bentuknya?

Ini dia.

kebun bibit 2
Kebun Bibit 2, Wonorejo – Surabaya

Kalau kebetulan ke Surabaya. Mampir aja ke sana. Dijamin nggak akan bilang Surabaya panas terik lagi. Hehehehe.. 🙂

 

Iklan

3 pemikiran pada “Kebun bibit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s