Kembang tahu vs cincau hijau.. :D


Udah lama nggak nge-share tentang kuliner ya? Sekarang saya mau bagi-bagi cerita tentang makanan lagiii.. :D. Tentunya masih seputar makanan yang beredar di kota kembang. Kali ini info-nya lebih ke jajanan berkuah. Dan jajanan ini dijual oleh bapak-bapak penjual makanan keliling di pagi hari. Namanya kembang tahu. Ini penampakannya.

2010-12-11 10.56.31-1
Kembang tahu

Sesuai namanya, kembang tahu ini dibuat dari kedelai. Jadi bisa dibilang ini sesungguhnya minuman yang ada kembang tahunya. *mbulet. :mrgreen:

Jadi kembang tahu ini mirip-mirip sama tauwa. Makanan yang berasal dari Tionghoa. Saya tahu tauwa ini waktu saya tinggal di Surabaya. Jadi penampakan tauwa seperti ini.

tauwa
Tauwa, dari Surabaya.

Bedanya, tauwa yang saya tahu biasanya selain berisi kembang tahu dan air jahe, warna airnya cenderung putih dan ada kacang hijaunya. Sedangkan kembang tahu umumnya hanya berisi kembang tahu, air jahe yang diseduh dengan gula merah. Kalau saya pribadi lebih suka kembang tahu. Karena jujur saja, rasa kacang hijau pada tauwa agak mengganggu (apalagi kacang hijaunya cenderung kental karena entah bagaimana membuatnya, seperti ada cairan kentalnya.. :D). Tapi kembali lagi ke masalah selera yaa.. πŸ™‚

Nah, kembang tahu ini cocok dinikmati selagi hangat. Air jahe yang bercampur gula merah mantaps berpadu dengan kembang tahunya, si putih nan lembut.Β Dan dengan rasa hangatnya, maka kembang tahu cocok untuk dinikmati di pagi hari.

 

Kalau sudah siang, terkadang Bandung terasa sedikit panas. Maka, menikmati es krim cincau hijau ini rasanya tepat.

Es krim cincau hijau

Sesuai namanya, es krim cincau hijau ini terbuat dari cincau hijau. Lalu ditambahkan es puter putih dan disiram air gula merah. Dari penampakan, sepintas mirip es godir yang cukup populer di Jawa Timur. Bedanya, es godir itu terbuat dari agar-agar dan disiram air santan dan gula merah lalu ditambah es batu. Mirip-mirip dawet. πŸ˜€

Ini penampakannya.

godir
Es godir

Nah, untuk yang suka seger-seger, es godir bisa jadi pilihan. Tapi kalau mau menikmati rasa yang lebih soft, tentunya es krim cincau hijau bisa jadi pilihan.

Aah.. Tiba-tiba saya jadi haus.. πŸ˜€

Hehehe

 

 

Iklan

4 pemikiran pada “Kembang tahu vs cincau hijau.. :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s