Pada suatu ketika, saya berkunjung ke rumah salah satu kerabat. Seperti biasa, selalu sepaket dengan dua putri saya. Di sana, saya ketemu dengan istri dari seorang kerabat. Kami berbincang biasa, hingga pada topik anak. Istri kerabat ini melihat kedua anak saya (yang jelas saja secara penampakan antara kakak dan adiknya beda.. :D), lalu berkomentar “ini si kakak kecilnya juga begini?” ketika melihat adiknya yang irit di bagian rambutnya. Saya pun menjawab, “Nggak. Begitu lahir, si kakak sudah banyak rambutnya. Setelah dipotong pun seminggu sudah tebel lagi.”

Di lain waktu, ketika seorang temen suami datang, dia pun berkomentar. “Yang satu mirip bapaknya, yang satu mirip ibunya. :D”. Ada juga yang berkomentar, waktu si dede bayi. “Kecilnya, cantikan Syifa yaaa?”. Sungguh komentar ini nggak sopan menurut saya. Meskipun di waktu yang lain ada lagi yang berkomentar, “adiknya lebih cantik ya?” ketika melihat si dede lebih seneng senyum.

Menanggapi kalimat ‘lebih cantik’ itu sudah mengganggu saya. Kenapa harus ada perbandingan ya? Biasanya kalau ada yang komen begitu saya menjawab begini.

Misal: Si dede sama kakak cantikan kakak ya?

Saya: Hehehe.. Kalau si kakak rambutnya banyak, tapi matanya sipit. Kalau si dede matanya bundar tapi rambutnya sedikit. 😀

Dan si penanya langsung mingkem. 😐

Saya nggak punya saudara perempuan, jadi saya bersyukur nggak pernah dibanding-bandingin ‘cantik ini’, “cantik itu’. Nah begitu kasusnya anak saya yang dibandingin, selain nggak rela saya nggak mau anak saya hilang rasa percaya dirinya. Bagaimanapun setiap anak terlahir dengan kelebihan dan kekurangan. Jadi lebih cantik mana, itu masalah selera. Kalian boleh bilang ini lebih cantik dari itu. Tapi kalau ‘membandingkan’ dua anak saya, saya tetap akan menjawab.

Kalau si kakak rambutnya banyak, tapi matanya sipit. Kalau si dede matanya bundar tapi rambutnya sedikit.

Dan kedua anak saya sama-sama cantik dengan keadaan mereka masing-masing.

11
Kamu cantiik dari hatimuu.. ^___*

Berhentilah membandingkan. Karena saya juga nggak suka kok kalau dibanding-bandingkan..
Qiqiqiqiqi :mrgreen:

Iklan

11 pemikiran pada “Cantik itu.. apa cantik ini..?

    1. Iya. Setuju banget. Semua manusia pasti dilengkapi kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi ya sebaiknya ngga dibanding-bandingin.

      *rinibee lagi bijak.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s