Saya lagi keranjingan mainan baru. Bukan. Bukan farmville, cafeworld, the sims, cityville, slingo dan semacamnya. *apal bener yak? 😀

Tapi ini aplikasi Muzy.

Apa itu MUZY…?

Jadi simple-nya muzy itu sebuah aplikasi untuk menggabungkan beberapa gambar/foto menjadi satu kesatuan. Pilihannya ada yang photobox, photo collage, versus atau photo pile. Nah untuk lebih jelasnya bisa langsung nge-klik ke situs Muzy ya… 🙂

 

Jadi ceritanya, saya yang gaptek ini penasaran. Gimana caranya menggabungkan beberapa gambar untuk dibuat jadi satu kesatuan. Jadi kalau pas upload foto/gambar untuk dimasukkin ke blog, saya cukup memasukkan 1 gambar saja.

Jujur saja, selama ini saya masukin gambarnya secara manual. Dan itu amat sangat nggak rapih banget deh. Tampilannya acak-acakan. Kacau semua. Nah karena penasaran, bertanyalah saya pada temen-temen di sebuah group. Dan mba Fardelyn Hacky memberikan referensi situs Muzy ini.

 

Sebagai pembelajar yang baru, saya semangat sekali ngulik-ngulik aplikasi yang bisa secara otomatis di-share ke facebook ini. Nah berhubung saya mau gambarnya untuk dimasukkan ke dalam blog, setelah gabungan foto yang saya susun selesai saya pun mencari-cari tombol save as. Supaya bisa saya save di komputer. Tapi ngga ketemu. Akhirnya saya pakai cara pintas. Tekan print screen yang saya copy ke paint. Lalu disave as sebagai jpg.

Nah cara ini agak sedikit boros waktu. Karena saya harus membuka lagi (open with) di microsoft office picture manager. Lalu tekan edit dan mulai di-crop. Lalu save as lagi.
Selesai. 😀

 

Mungkin ada yang belum bisa menggunakan aplikasi ini, saya mau membantu langkah-langkahnya. Etapi serius aplikasi ini mudah banget. Saya yang gaptek aja bisa kok.. 🙂

Langkah-langkah menggabungkan gambar/foto dengan Muzy.

1. Masuk ke website Muzy. http://muzy.com/app/photobox

2. Pilih salah satu aplikasi yang diinginkan. Misalnya PHOTOBOX.

3. Pilihlah salah satu tampilan box yang diinginkan. Misalnya saya memilih box ini.

1

 

4. Langkah berikutnya arahkan kursor pada salah satu box dan masukkan gambar yang diinginkan. Misalnya mengambil dari komputer. Maka tekan menu upload dan pilih foto yang diinginkan (browse for a picture) lalu tekan save. Maka gambar akan muncul dengan warna dan pengaturan yang bisa dipilih sendiri. Lakukan pada masing-masing box yang ada dengan cara yang sama.

5. Jika sudah maka tampilannya kurang lebih akan seperti ini.

2

6. Nah, sekarang anda bisa mengubah warna frame dengan pilihan di samping kiri (border color). Anda juga bisa memberikan judul di bagian atas box. Pilihan font-nya pun bisa disesuaikan sendiri, juga warnanya.

7. Setelah selesai, untuk menyimpannya di dalam komputer kita gunakan tombol print screen (Prt Scr) yang ada di bagian atas keyboard. Tekan tombol ctrl tahan lalu tekan print screen.

8. Buka program paint yang ada di menu accessories. Setelah halamannya terbuka tekan tombol ctrl V (paste).

9. Tekan menu save as dan ubah file menjadi JPG/JPEG. Beri nama file. Misalnya: topi saya merah

10. Buka menu microsoft explorer. Cari file yang disimpan. Klik kanan. Sorot menu Open With. Pilih Microsoft Office Picture Manager.

11. Ubah tampilan gambar menjadi 100 %. Tekan menu Edit Pictures –> crop –> ok.

12. Tekan menu File, save as. Simpan.

13. Selesai.

 

Foto atau gambar yang telah dibuat siap untuk digunakan. 😀

Penampakan hasil photobox versi saya.. :)
Penampakan hasil photobox versi saya.. 🙂

 

Selamat mencoba ya.. 🙂

 

 

 

 

7 pemikiran pada “Mainan Baru

Tinggalkan Balasan

