Tambah pinter..


Akhirnyaaaaaaa…. Ada kesempatan lagi bisa nulis di blog.. hehe..
Maklum, si kecil Reina yang semakin chubby itu belum genap 40 hari.. Jadi konsentrasi saya selain mengurus Reina juga membiasakan sang kakak, Syifa, untuk berperan menjadi seorang kakak.. 😀

Maklum, mengingat 2 tahun terakhir ini ia terbiasa dipanggil ‘dede’.. 😀
Ketika adiknya lahir, kami bertanya padanya ini (menunjuk ke Syifa) teteh apa kakak? Dan ia memilih untuk dipanggil kakak, bukan mbak atau teteh.. :mrgreen:

Meskipun pada prakteknya ia masih suka salah-salah memanggil dirinya “dede”.. hehe..

 

Alhamdulillah, kehadiran Reina di tengah keluarga kami ditanggapi dengan antusias oleh Syifa. Tidak seperti kasus beberapa kenalan dimana ketika hadir anggota keluarga baru (baca: bayi) sang kakak menjadi rewel bahkan memusuhi adiknya..
Kalo Syifa ngga dong.. Hanya saja kalo kita sedikit lengah, dengan sigapnya sang adik akan dipencet-pencetin wajahnya, hidungnya, pipinya atau ditarik-tarik tangannya (apa bedanya?? :mrgreen:), tapi itu semua semata karena ia ingin berkomunikasi dengan sang adik.. *memakai kacamata positif seorang ibu.. 😀

Namuuuunnn… memang terkadang Syifa sedikit menguras emosi.. Membuat saya harus menggali banyak stok sabar.. Gimana ngga. Namanya juga bayi baru lahir, tentunya Reina sering pipis, pup. Maka saya seringkali disibukkan masalah popok. Belum lagi kalau dia haus, maka setelah mengganti popok, gurita, memakaikan baju yang tak jarang ikut basah, saya segera menyusui Reina.
melihat saya bersibuk-sibuk ria dengan sang adik, Syifa pun mendekat lalu berkata..

“Dede bayi pipis?” yang saya jawab dengan anggukan kepala. Atau kadang saya jawab, “ngga, dedenya ee..” sambil tersenyum.

Beberapa saat kemudian, setelah Reina tertidur, saya bermaksud untuk beberes. Tapi, si kakak yang masih ada di kamar buru-buru mendatangi saya dan berkata..
“mama.. dede bayi banguuun… pipis.. nangissss…” dengan suaranya yang cukup bersemangat. Tentu saja adiknya terbangun lagi (bukan nangis) lebih karena ia mendengar suara sang kakak.. 😀

Kembali saya susui Reina, kali ini sang kakak mendekat ke arah saya..
“mama.. mau oyoyos.. (baca: sebutan Syifa untuk sufor)..”. Saya jawab, “tunggu sebentar ya kakak.. dedenya mimik dulu..”

“mau oyoooyoooossss mama…”
untuk mengalihkan perhatiannya saya ajak dia ngobrol.. “mau banyak apa sedikit…?”
“dikit ajaaah..”
“seginiii..?” (membuat ukuran dengan tangan)
“banyaaaaaaaaakkk ajaaaaaahh…”

Karena menunggu saya agak lama, mungkin ia mulai ngga sabar.. lalu bertumpu di paha saya dan melihat sang adik sambil berkata.. “mo ais.. mo ais..” (maksudnya mau menggendong adiknya…)

Maka saya berikan adiknya untuk di-ais.. meskipun kepala Reina tetap saya tahan dengan tangan saya.. supaya ngga jatuh..

Syifa tersenyum, seakan-akan sudah menggendong adiknya.. Dasar bocah… :mrgreen:

Lain waktu ia menguji kesabaran saya lagi.. Tadinya bilang mau oyoyos, mau bobok. (biasanya oyoyos diminum menjelang tidur)
Tapi oyoyos-nya sudah habis bukannya bobok tapi muteeeeeeeerrr dulu.. sedangkan saya sudah sangat mengantuk.. maka saya mudah emosi.. mudah kesel.. dan kalo capek seringkali bawaannya pengen ngomel..

hehehe… 😀

Saya pun bilang. “ya sudah kakak di luar (kamar) aja kalo ngga bobo..”, maksudnya supaya tidak mengganggu adiknya..
dan di saat saya masih asyik ngomel *halaaaghhh.. :P*, tiba-tiba Syifa menatap saya dengan senyumnya yang merontokkan hati sambil berkata..”mama cantik..”

Menguap sudah rasa kantuk saya.. lalu saya tanya “apa kak..?” (takut salah denger.. :D)

“mama cantiik..”

Dan.. hilanglah semua rasa kesal dan marah saya.. Saya pangku dia, mau ngga mau saya jadi pengen senyum dan tertawa geli.. Saya jawab “kakak juga cantik..” dan kami pun tersenyum bersama..

Kakak.. kakak.. tambah lama tambah pinter ya.. Udah tahu caranya ‘ngerayu’ mama biar ngga marah…

Entah belajar dari mana.. 😀

Mama sayang kamu nak… 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s